RISET OPERASI (ADBI4530) ~ ADB

 

DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA KULIAH
MODUL 1 : PENGENALAN RISET OPERASI
MODUL 2 : PEMETAAN KOGNISI
MODUL 3 : ANALISIS PROBABILITAS
MODUL 4 : ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN
MODUL 5 : PROGRAM LINEAR
MODUL 6 : PERSEDIAAN
MODUL 7 : TEORI ANTRIAN
MODUL 8 : ANALISIS JARINGAN
MODUL 9 : TEORI PERMAINAN


TINJAUAN MATA KULIAH

Riset Operasi merupakan suatu metode ilmiah yang memanfaatkan ilmu antardisiplin agar dapat menyajikan hubungan-hubungan fungsional yang kompleks, seperti model matematika, untuk keperluan pengambilan keputusan secara kuantitatif dan tidak termasuk masalah baru untuk analisis kuantitatif.

Riset Operasi tidak hanya merupakan pengambilan keputusan model untuk memecahkan masalah, tetapi juga memberikan sumbangan untuk pengambilan keputusan bagi manajer pada tingkat bawah, menengah, dan atas. Dalam dunia bisnis dan pemerintahan, riset operasi dapat dimanfaatkan untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.


MODUL 1 :
PENGENALAN RISET OPERASI

PENDAHULUAN 

Riset Operasi bisa digambarkan sebagai sebuah pendekatan atau sebuah metode yang merupakan kombinasi dari berbagai disiplin ilmu, terutama ilmu matematika, rekayasa, dan ekonomi, dalam proses pengambilan keputusan. Ide dasar dari riset operasi adalah ranah pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk membantu pengambilan keputusan. Dengan demikian, pengambilan keputusan tidak lagi hanya didasarkan pada dasar argumentasi yang bersifat subjektif, namun juga bisa didasarkan pada pertimbangan objektif , yaitu didasarkan pada suatu metode ilmiah.

Upaya pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dalam proses pengambilan keputusan sesungguhnya sudah dimulai semenjak masa Romawi Kuno. Mulai dari Archimedes, Leonardo Da Vinci, hingga Charles Babbage, Perkembangan riset operasi tampak menunjukkan kemajuan yang signifikan dan berpengaruh hingga saat ini. Riset Operasi banyak diterapkan sebagai metode ilmiah untuk membantu pengambilan keputusan di berbagai bidang, mulai dari bidang militer, bisnis, hingga kemasyarakatan.


KEGIATAN BELAJAR 1 :
PERKEMBANGAN RISET OPERASI

A. SEJARAH RISET OPERASI

Para ahli sejarah menyebutkan bahwa praksis (praktek) riset operasi sudah mulai dilakukan semenjak masa Romawi Kuno. Praksis tersebut tampak pada analisis yang dilakukan oleh Archimedes untuk melawan blokade laut yang dilakukan oleh armada Syracuse (212 SM). Praksis Riset Operasi terjdai lagi sesaat menjelang Perang Dunia I, Ketika FW. Lancaster, Seorang peneliti Inggris yang mencoba menganalisis hubungan matematis antara kekuatan masing-masing pihak yang bertikai dengan kemungkinan hasil perang.
Praksis lain yang juga sering disebut-sebut memiliki karakteristik sebagai sebuah praksis riset operasi juga dilakukan dalam studi Thomas Alva  Edison yang mempelajari perang anti kapal selam. Walaupun kurang memiliki gaung pada zamannya, berbagai praksis tersebut diatas merupakan contoh bahwa pendekatan metode ilmiah dapat dipakai untuk memecahkan berbagai masalah, bahkan maslah peperangan.

Perang Dunia II yang menjadi Katalisator terbangunnya riset operasional sebagai sebuah keilmuan yang mapan. Pada tahun 1940, sekelompok peneliti yang dipimpin oleh PMS Blackett dari The University of Manchester melakukan studi tentang "Sistem Radar Baru Anti Pesawat Terbang". Kelompok peneliti ini sering dijuluki sebagai Kelompok Sirkus Blackett (Blackett's circus). Julukan ini tampaknya lebih didasarkan pada keragaman anggota kelompok peneliti yang berasal dari berbagai disiplin ilmu.
Kelompok Blackett terdiri atas 3 orang ahli fisiologi, 2 orang ahli matematika, 1 orang ahli astronomi, 1 orang tentara, 1 orang surveyor, 1 orang ahli fisika, dan 2 orang ahli matematika fisika. Keragaman ini merupakan hal yang sangat luar biasa pada waktu itu.  Pada tahun 1941, kelompok Blackett terlibat dalam upaya penelitian yang berkaitan dengan p[endeteksian kapal dan kapal selam dengan menggunakan radar pesawat terbang.
Blackett kemudian memimpin Naval Operational Research pada Angkatan Laut Kerjaan Inggris Raya. Blackett bertugas melakukan studi untuk kepentingan keberhasilan operasi-operasi yang dijalankan oleh Angkatan Laut. Prinsip-prinsip metode ilmiah yang dipakai untuk membantu pengambilan keputusan dalam suatu operasi kegiatan sebagaimana yang dilakukan oleh Kelompok Blackett dinamai sebagai Riset Operasi (Operational Research).

Ketika Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dunia II, prinsip-prinsip riset operasi juga diterapkan, terutama oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara.