PANDUAN TAP FHISIP ISIP4500



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I    PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan

BAB II  KONSEP AKHIR TUGAS PROGRAM
A. Pengertian TAP
B. Tujuan TAP
C. Materi TAP
D. Bentuk TAP
E. Mata Kuliah Pendukung TAP

BAB III PENYELENGGARAAN TUGAS AKHIR PROGRAM
A. Persyaratan Peserta TAP
B. Cara Pendaftaran TAP
C. Pembimbingan TAP
D. Pelaksanaan Ujian TAP
E. Penilaian TAP

BAB IV  PENUTUP

LAMPIRAN


TINJAUAN MATA KULIAH


PANDUAN 
TUGAS AKHIR PROGRAM
FAKULTAS HUKUM, ILMU SOSIAL, DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA

Program Studi :

1. Program Studi Administrasi Publik (S1)
2. Program Studi Administrasi Publik bidang minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian (S1)
3. Program Studi Administrasi Bisnis (S1)
4. Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)
5. Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi (Sarjana Terapan)
6. Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
7. Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi (S1)
8. Program Studi Sosiologi (S1)
9. Program Studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan (S1)
10. Program Studi Hukum (S1)

KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA 
2018




MODUL 1

BAB  1
PENDAHULUAN


A. LATAR BELAKANG

Sesuai dengan filsafat yang dianut Bangsa Indonesia, fungsi pendidikan di Indonesia adalah mengembangkan kemampuan dalam membentuk watak, serta peradaban bangsa yang bermartabat, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sementara itu secara sosiologis, Kurikulum pendidikan harus dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta nilai yang dibutuhkan untuk hidup, bekerja, dan mencapai perkembangan lebih lanjut di masyarakat.

Bagi mahasiswa calon sarjana dan calon sarjana terapan di FHISIP-UT, penguasaan kompetisi tersebut diantaranya dapat dicapai melalui Tugas Akhir Program (TAP). TAP merupakan evaluasi akhir program yang harus ditempuh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi tertentu. Melalui TAP mahasiswa dilatih dan di uji untuk menginternalisasi dan menghubungkan berbagai konsep yang telah di pelajari dengan pengalaman dan situasi nyata yang dihadapi.

Muatan TAP  bukan hanya sekedar berkenaan dengan pemahaman konseptual, namun mahasiswa dituntut untuk mampu menerapkan konsep yang pernah dipelajari ke dalam berbagai permsalahan yang ada di masyarakat, dan juga mahasiswa dituntut untuk mampu menganalisa berbagai fenomena yang ada di masyarakat dengan menggunakan teori yang relevan.

B. TUJUAN

Panduan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang segala hal yang berkaitan dengan TAP, mulai dari hal konseptual hingga hal yang bersifat teknis prosedural. Dengan demikian mahasiswa diharapkan memiliki kesiapan yang baik dalam menghadapi dan mengerjakan TAP.


BAB II
KONSEP TUGAS AKHIR PROGRAM

A. PENGERTIAN TAP

TAP merupakan evaluasi akhir program yang harus ditempuh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi tertentu. Melalui TAP mahasiswa dilatih dan diuji untuk menginternalisasi dan menghubungkan berbagai konsep yang telah dipelajari dengan pengalaman dan situasi nyata yang dihadapi.

Ujian TAP disajikan dalam bentuk studi kasus, yang diambil dari berbagai fenomena yang terjadi di Indonesia maupun di luar negeri. Dari kasus yang ada mahasiswa diminta untuk menjabarkan konsep yang relevan dengan kasus yang ada, mengaitkan antara satu konsep dengan konsep lain yang dapat memberikan penjelasan tentang kasus yang ada, serta menganalisis kasus tersebut dengan menggunakan teori yang relevan.

Konsep dan teori yang digunakan adalah konsep dan teori yang sudah dipelajari selama mahasiswa menempuh Program Studi  :
- Program Studi Administrasi Publik (S1), 
- Program Studi Administrasi Publik Bidang Minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian (S1),
- Program Studi Administrasi Bisnis (S1)
- Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1),
- Program Studi Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi (Sarjana Terapan)
- Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
- Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi (S1)
- Program Studi Sosiologi (S1)
- Program Studi Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan (S1)
- Program Studi Hukum (S1)


B. TUJUAN TAP

TAP bertujuan untuk mengukur penguasaan kompetensi akhir mahasiswa, melalui ujian yang menuntut mahasiswa untuk menganalisis dan memberikan solusi atas permsalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat dengan menggunakan teori-teori terapan di dalam lingkungan sosial, hukum, dan humaniora, serta mampu meberikan rasionalisasi dan sosulsi atas berbagai permasalahan sosial yang ada secara komprehensif.


C. MATERI TAP

Materi TAP terdiri dari materi yang berkaitan dengan penguasaan bidang ilmu, pemahaman, serta pengembangan kepribadian yang dikemas dalam sebuah kasus. Soal yang terdapat dalam Ujian TAP memiliki karakteristik sebagai berikut :
  1. Menuntut kemampuan berpikir hingga tingkat evaluasi. Soal yang diujikan dalam TAP tidak hanya sekedar untuk mengukur penegetahuan atau pemahaman mahasiswa, namun mahasiswa diminta untuk mengevaluasi suatu fenomena yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan konsep dan teori yang sudah dipelajari. Tentu untuk sampai pada taraf mengevaluasi, mahasiswa dituntut untuk mampu menerapkan konsep atau teori yang ada, menganalisa kasus yang disajikan, dan juga menyintesis informasi yang disajikan sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh.
  2. Substansi TAP