1. Iman diartikan sebagai suatu kepercayaan atau sikap batin. Pengertian ini tidak sesuai dengan....
a. Kamus bahasa arab
b. Pebdapat kebanyakan ulama
c. Keyakinan umat Islam
d. Hadits nabi
a. Kamus bahasa arab
b. Pebdapat kebanyakan ulama
c. Keyakinan umat Islam
d. Hadits nabi
2. Konsep Ketuhanan menurut pemikiran manusia berkembang secara bertahap. Tahapan tersebut adalah ....
a. animisme/dinamisme,monoteisme, henoteisme, dan politeisme
b. animisme/dinamisme, henoteisme, politeisme dan monoteisme
c. animisme/dinamisme, politeisme, henoteisme dan monoteisme
d. monoteisme, henoteisme, animisme/dinamisme, dan politeisme
3.Konsep Ketuhanan monoteisme yang dikembangkan dalam pemikiran modern (Barat) adalah paham.....
a. deisme
b. eklektisme
c. panteisme dan elektisme
d. panteisme
4. Aspek pertama dalam iman menurut hadits nabi adalah kalbu. Pengertian kalbu yang sesuai dengan Al-quran adalah.....
a. Keyakinan yang terletak pada jantung
b. Tanggapan yang terletak di dada
c. Perasaan yang terdapat dalam dada
d. Pikiran sebagai penampung tanggapan
5. Salah satu sikap yang mencerminkan iman kepada Allah adalah....
a. Memanfaatkan ciptaan Allah
b. Memikirkan kehebatan Allah
c. Mengagumi ciptaan Allah
d. Menerapkan ajaran Allah
6. Yang dimaksud bahwa manusia sebagai makhluk fisik adalah.....
a. Karena manusia memiliki otak dan jantung yang satu sama lain berhubungan
b. Karena manusia susunan syaraf yang sangat kompleks
c. Karena masing-masing anggota badan satu sama lain dihubungkan melalui susunan syaraf
d. Karena manusia memiliki otak dan jantung yang masing-masing anggota badan satu sama lain dihubungkan melalui susunan syaraf yang sangat kompleks.
7. Yang dimaksud manusia sebagai makhluk non fisik adalah.....
a. Karena manusia memiliki ruh dan jiwa yang memerankan adanya proses berpikir, merasa, bersikap
b. Karena manusia mampu memerankan berserah diri serta mengabdi
c. Karena manusia memiliki kejiwaan manusia sebagai makhluk Allah
d. Karena manusia mampu berserah diri serta mengabdi
8. Agama Islam mempunyai pandangan tertentu tentang manusia. Hakikat manusia menurut pandangan Islam adalah.....
a. Manusia adalah makhluk hidup dan manusia sosial
b. Manusia adalah makhluk yang berbudaya dan bisa dididik berakhlak mulia
c. Manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai akal, merasa, dan cenderung ke arah kebijakan
d. Manusia adalah makhluk yang mempunyai potensi untuk mengembangkan dirinya.
9. Dalam al-Qur’an disebutkan wa laqod karomna bani adam, ayat ini menunjukkan bahwa.....
a. Manusia sebagai makhluk unggulan
b. Manusia sebagai makhluk sosial
c. Manusia sebagai makhluk yang mampu berpikir
d. Manusia sebagai makhluk psikologis
10. Agama Islam memberikan gambaran tentang hakikat manusia sebagai makhluk yang sempurna, maksud pernyataan tersebut adalah.....
a. Manusia dapat berjalan di atas dua kakinya dan mempunyai pancaindra
b. Manusia tingkat kehidupannya disamping ditentukan oleh akal juga oleh bisikan hati nuraninya
c. Manusia yang dalam segala tingkah lakunya selalu ingat kepada Allah
d. Manusia dengan akal mampu membudidayakan masyarakat
11. Ditinjau dari hukum kauniah (asal penciptaan), manusia adalah makhluk Allah yang paling mulia, karena manusia memiliki.....
a. Daya berpikir yang melebihi makhluk lain
b. Perasaan yang melebihi makhluk lain
c. Daya tahan yang melebihi makhluk lain
d. Insting yang kuat yang melebihi makhluk lain
12. Berikut ini adalah sebutan tentang manusia di dalam al-Quran, kecuali......
a. Al-Nisyan
b. Al-Basyar
c. Al-Insan
d. An-Naas
13. Sebagai an-Nas manusia adalah makhluk yang memiliki potensi keinginan untuk.....
a. Berpikir
b. Marah
c. Bersaing
d. Berzikir
14. Sebagai al-Basyar, manusia adalah makhluk yang memiliki potensi bertanggung jawab kepada.....
a. Manusia
b. Masyarakat
c. Allah
d. Keluarga
15. Sebagai khalifah di bumi, manusia harus bertanggung jawab kepada Allah atas perbuatannya.....
a. Setelah ia mati
b. Setelah ia hidup
c. Setelah ia dewasa
d. Sejak sebelum lahir sampai ia mati
16. Para ulama menjelaskan pengertian hukum syari’at sebagai ....
a. Seperangkat aturan yang berasal dari pembuat syari'at (Allah SWT) yang berhubungan dengan perbuatan manusia
b. Patokan (kaidah, ketentuan) mengenai peristiwa (alam) yang tertentu
c. Peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah
d. Keputusan (pertimbangan) yang ditetapkan oleh hakim (di pengadilan) vonis
17. Dalam surat al-’Ankabut/29: 45 dijelaskan tentang salah satu tuntutan hukum bagi manusia agar mengerjakan suatu ibadah berupa ....
a. Sedekah dan zakat
b. Puasa dan haji
c. Perkawinan dan perceraian
d. Membaca Al Qur'an dan shalat
18.Secara garis besar hukum syari’at dibagi menjadi lima macam, yaitu ....
a. Wajib, sunnah, makruh, haram dan mubah
b. fardhu 'ain, fardhu kifayah, sunnah, mubah dan haram
c. Wajib 'ain, wajib kifayah, sunnah, makruh dan mubah
d. Wajib, sunnah muakkad, sunnah ghoiru muakkad, makruh dan haram
19. Pengertian sunnah ghoiru muakkad adalah ....
a. Perbuatan yang amat sering dilakukan oleh Rasulullah SAW, bahkan jarang sekali beliau tinggalkan, kecuali hanya beberapa kali saja
b. Perbuatan yang wajib oleh Rasulullah SAW, bahkan jarang sekali beliau tinggalkan, kecuali hanya beberapa kali saja
c. Perbuatan yang jarang dilakukan oleh Rasulullah SAW, bahkan jarang sekali beliau kerjakan, kecuali hanya beberapa kali saja
d. Perbuatan yang amat tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW
20. Di bawah ini adalah beberapa ungkapan yang dapat dikategorikan sebagai bernilai haram, kecuali ....
a. Kalimat yang melarang itu menggunakan kata kerja yang melarang dan dibarengi dengan petunjuk (qarinah) yang menunjukkan bahwa perbuatan tersebut benar-benar dilarang
b. Secara tegas mengandung kata-kata yang menunjukkan keharusan untuk dikerjakan
c. Diperintahkan untuk menjauhinya
d. Kalimat larangan tersebut dinyatakan dengan jelas dan tegas, misalnya dengan kata harrama
21. Agama secara etimologis berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu ....
a. A adalah tidak, gama adalah benar
b. Ag adalah jalan, ama adalah benar
c. a artinya tidak, gama artinya kacau
d. a adalah cara, gama adalah jalan
22. Agama secara terminologi meliputi, kecuali ....
a. Sistem kredo kepercayaan atas adanya sesuatu yang mutlak di luar amnusia
b. Sistem aturan agar tidak kacau
c. Sistem norma atau tata kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan dengan alam lainnya sesuai dan sejalan dengan tata keimanan dan tata peribadatan tersebut
d. Sistem ritus tata cara peribadatan manusia kepada yang mutlak
23. Menurut Al-Maqdoosi agama diklasifikasikan menjadi ....
a. Tiga kategori
b. Dua kategori
c. Lima kategori
d. Empat kategori
24.Yang tidak termasuk klasifikasi agama adalah ....
a. Agama wahyu dan nonwahyu
b. Agama misionaris dan non-misionaris
c. Agama rasial dan agama universal
d. Agama nabi dan agama manusia
25. Yang tidak termasuk agama wahyu adalah ....
a. Kristen
b. Yahudi
c. Hindu
d. Islam
26. Meyakini dengan hati dan mengucapkan dengan lisan serta melakukan dengan perbuatan dengan anggota tubuh adalah merupakan pengertian dari ....
a. Ihsan
b. Iman
c. Amal
d. Islam
27. Jika iman didefinisikan dengan pendirian yang diwujudkan dalam bentuk bahasa dan perilaku, maka istilah iman identik dengan ....
a. Kepribadian manusia yang memiliki kecerdasan, kemauan dan keterampilan
b. Kepribadian manusia dan memiliki kecerdasan
c. Kepribadian manusia seutuhnya, pendirian yang konsisten, dan memiliki kecerdasan, kemauan dan keterampilan
d. Kepribadian manusia yang memiliki kecerdasan
28. Para sarjana muslim berpandangan bahwa yang disebut ilmu itu tidak hanya terbatas pada pengetahuan (knowledge) dan ilmu (science) saja, melainkan ilmu oleh Allah dirumuskan dalam ''lauhil mahfudz'' yang disampaikan kepada kita melalui Alquran dan As-Sunnah. Hal ini tercantum dalam Alquran ....
a. Surat Al-Baqarah 21-22
b. Surat Al-Buruj 21-22
c. Surat Al-Midah 21-22
d. Surat Al-Haj 21-22
29. Selain manusia didorong untuk mencari dan menggunakan ilmu, juga dia diwajibkan untuk menyebarluaskan ilmu, hal ini terdapat dalam Alquran surat ....
a. At-Taubah 122
b. Ali Imran 122
c. Al-Baqarah 122
d. Al-Maidah 122
30. Menurut sebagian ulama, yang berbicara tentang alam materi dan fenomenanya, dan yang memerintahkan manusia untuk mengetahui dan memanfaatkan alam ini sebanyak ....
a. 650 ayat Al-Quran
b. 750 ayat Al-Quran
c. 700 ayat Al-Quran
d. 600 ayat Al-Quran
31. Budaya akademik dalam Islam mengandung arti ....
a. Tradisi yang berhubungan dengan masalah keimanan
b. Kebiasaan tentang tata cara beribadan dalam Islam
c. Kebiasaan menyangkut masalah keilmuan dalam Islam
d. Tradisi yang berkaitan dengan masalah Ketuhanan
32. Ayat Al-quran yang pertama kali turun adalah ....
a. Surat Al-'Alaq : 1-5
b. Surat Al-Fatihah
c. Surat Al-Kafirun
d. Surat Al-Qalam : 1-7
33. Terjemah ayat yang berbunyi "Bacalah dengan nama Tuhanmu" adalah ....
a. Al-'Alaq ayat 1
b. Al-'Alaq ayat 2
c. Al-Qalam ayat 3
d. Al-'Alaq ayat 3
34. Di antara apresiasi Al-quran terhadap pentingnya ilmu pengetahuan adalah semua benar, kecuali ....
a. Tugas sebagai khalifah di bumi akan sukses kalau berilmu
a. Tugas sebagai khalifah di bumi akan sukses kalau berilmu
b. Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu
c. Wahyu yang pertama berisi perintah membaca
d. Diwajibkannya seorang muslim mengerjakan shalat
35. Al-quran mengecam orang-orang yang beragama hanya karena ikut-ikutan, tidak didasarkan kepada ilmu, hal ini dijelaskan dalam ....
a. Surat Al-Baqarah ayat 117 dan Al-Maidah ayat 114
b. Surat Al-Baqarah ayat 77 dan Al-Maidah ayat 40
c. Surat Al-Baqarah ayat 170 dan Al-Maidah ayat 104
d. Surat Al-Baqarah ayat 107 dan Al-Maidah ayat 140
36. Persaudaraan yang diajarkan Al-quran antara lain, kecuali ....
a. Antara sesama muslim dan juga dengan non-muslim
b. Antara sesama warga masyarakat
c. Antara sesama musuh Allah
d. Antara sesama hamba Allah
37. Di antara etika yang diajarkan oleh Al-quran untuk menjalin persaudaraan sesama muslim adalah ….
a. Dilarang saling mengolok dan menggunjing
b. Dilarang saling bersilaturrahim
c. Dilarang saling memaafkan
d. Dilarang saling memberi sedekah
38. Dalam surat Al-Hujurat/49: 11 Allah melarang sesama muslim saling mengolok alasan yang dikemukakan dalam ayat tersebut adalah ....
a. Boleh jadi mengolok-olok itu mendatangkan siksa
b. Boleh jadi mengolok-olok itu adalah baik
c. Boleh jadi yang diolok-olok lebih baik dari yang mengolok
d. Boleh jadi orang yang mengolok akan mendapatkan dosa
39. Perumpamaan betapa buruknya orang yang suka menggunjingkan saudaranya (ghibah) dalam ayat 12 surat al-Hujurat seperti ....
a. Memakan bangkai saudaranya sendiri
b. Memakan makanan yang sudah kadaluwarsa
c. Memakan buah yang busuk
d. Memakan bangkai ikan laut
40. Kalau ada sesama muslim yang bersengketa maka sesuai petunjuk Al-quran mereka harus, kecuali ....
a. Diupayakan untuk mencari titik temu sehingga kembali bersatu
b. Diupayakan untuk rekonsiliasi supaya terjadi keharmonisan keburukan kembali
c. Dianjurkan untuk saling menjauhi supaya tidak saling bertemu
d. Didamaikan agar dapat bersilaturrahim kembali